Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) menggelar workshop bertajuk Strategi Memperoleh Hibah Penelitian dan Penerbitan Jurnal, dengan menghadirkan pembicara dari Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Dirjen Riset dan Pengembangan Kemendikbud RI yaitu Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc. Kegiatan ini diselenggarakan di Kampus UMKT, gedung E lantai 4, Jalan Juanda, Jum’at (21/02/2020).

Pergelaran workshop ini dibuka secara resmi oleh Ghozali MH. M. Kes selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UMKT. Dia berharap, dengan adanya workshop ini dapat memberikan semangat dan support kepada para dosen sehingga mampu menulis karya ilmiah yang baik dan sesuai dengan aturan Kemendikbud RI. Sehingga outputnya, mahasiswa pun mampu berkarya dengan baik, salah satunya melalui tulisan atau penelitian karya ilmiah.

“Kami semua berharap dengan pelatihan cara menulis karya ilmiah dan penelitian ini di antaranya sebagai pengabdian kepada masyarakat melalui karya tulis. Selain itu juga dapat memberikan dampak yang positif terhadap perguruan tinggi Muhammadiyah di Kalimantan Timur,” ungkap Ghozali.

Dia mengatakan bahwa, workshop ini bagian dari membangkitkan kinerja penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat di civitas akademik UMKT kedepan.

Selain itu, dia juga menyampaikan fungsi tri darma perguruan tinggi di UMKT sangat menggembirakan yang telah dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa. Dia meminta bimbingan dan arahan kepada Prof Ocky Karna Radjasa, untuk lebih giat menulis dalam bentuk karya ilmiah kepada dosen-dosen UMKT yang hadir mengikuti workshop tersebut.
Sementara itu, Prof Ocky Karna Radjasa selaku pembicara dari Kemendikbud RI menyampaikan, berbagai materi-materi terkait workshop strategi memperoleh hibah penelitian dan penerbitan jurnal.

Dia mengatakan, kekayaan intelektual adalah kekayaan yang timbul karena hasil olah pikir manusia yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna bagi kehidupan manusia, sebab peran penting dunia kampus adalah melahirkan inovasi IPTEK untuk pencapaian kemajuan bangsa dan mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat.
“Perguruan tinggi Muhammadiyah itu sangat berperan dalam dunia ilmu pengetahuan, di antaranya UMKT mampu menjadi sebuah kampus yang mampu mengembangkan dan menjadi pusat inovasi ilmu pengetahuan di Kalimantan Timur,” pungkas Ocky.

Kemudian dia menambahkan, manajemen dalam hibah penelitian tentu mempunyai alur dan mekanisme yang sesuai dengan standard dan peraturan perundang-undangan Kemendikbud, misalkan pengajuan judul atau proposal penelitian juga tentu dinilai kelayakan dan kualitas tulisan maupun arah permasalahannya.
Selain itu, pria yang akrab disapa Ocky tersebut menyebutkan, komponen dalam strategi memperoleh hibah penelitian yang menjadi prioritas adalah penelitian tentang pangan, energi, kesehatan, transportasi, pertahanan dan keamanan, kemaritiman, sosial, hukum, seni dan riset lainya multidisplin serta lintas sektor.

“Kami berharap, UMKT terus berinovasi dalam dunia riset keilmuan dan terus meningkatkan layanan serta memfasilitasi dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan penelitian ilmiahnya, sehingga UMKT ini dijadikan kampus yang diminati oleh masyarakat Kaltim serta mampu berdaya saing di perguruan tinggi nasional lainnya,” ujar Ocky.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *