Program Matching Fund adalah program pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang melibatkan insan perguruan tinggi dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) untuk bersama – sama terlibat dalam membentuk ekosistem Kampus Merdeka–Merdeka Belajar. Setelah perguruan tinggi dan DUDI menyepakati kemitraan melalui Kedaireka, termasuk kesepakatan pendanaan bersama, dosen perguruan tinggi dapat mengajukan proposal matching fund kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rancangan Program yang diusulkan melalui Matching Fund dapat disusun untuk 2 tahun dengan pendanaan yang diberikan per tahun. Pendanaan tahun berikutnya didasarkan pada evaluasi hasil pelaksanaan tahun pertama.

Pada tahun anggaran 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengalokasikan anggaran Rp250.000.000.000,- (dua ratus lima puluh miliar rupiah) untuk Program Matching Fund. Setiap perguruan tinggi dapat mengusulkan lebih dari satu proposal kerjasama/kemitraan untuk mendapat dana dari Program Matching Fund. Pola kemitraan yang dapat diusulkan:

  1. Satu Perguruan Tinggi dengan satu DUDI;
  2. Satu Perguruan Tinggi dengan beberapa DUDI;
  3. Beberapa Perguruan Tinggi dengan satu DUDI; dan/atau
  4. Beberapa Perguruan Tinggi dengan beberapa DUDI.

Salah satu tim penelitian UMKT berhasil lolos sebagai penerima matching fund 2021 dengan judul “Pengembangan Pembelajaran Kampus Merdeka Berbasis Food Delivery Industry di Samarinda” atas nama :

  1. Hasyrul Hamzah, S. Farm., M.Sc (dosen prodi S1 Farmasi )
  2. Rahman Anshari, S.E.,M.A (dosen prodi S1 Manajemen)
  3. Faldi, S.Kom, M.T.I (dosen prodi S1 Teknik Informatika )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *