skema penelitian dana internal

PERELA (PENELITIAN REGULER PEMULA)

Program Penelitian Reguler Pemula (PERELA) dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti pemula untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian di perguruan tinggi. Cakupan Penelitian ini meliputi semua rumpun ilmu. Penelitian ini diperuntukkan bagi dosen tetap UMKT dengan jabatan akademik maksimal Asisten Ahli. Sejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ditjen Penguatan Risbang, PERELA merupakan salah satu skema penelitian yang diperuntukkan bagi dosen tetap untuk meningkatkan kemampuan meneliti dan menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik nasional maupun nasional terakreditasi. Pengusul yang berhasil mendapatkan pendanaan pada skema ini diberikan kesempatan sebanyak maksimal 2 (dua) kali setahun, selanjutnya dapat meningkatkan kapasitasnya penelitiannya ke program penelitian lain yang lebih kompetitif.

PEKOM (PENELITIAN KOMPETITIF)

Pedoman Kegiatan penelitian kompetitif diarahkan dan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas penelitian di UMKT, yang tindaklanjutnya diharapkan dapat meraih dana penelitian dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (Ditlitabmas Dikti), seperti PDUPT, PPUPT, PTUPT, INSINAS. Tema penelitian yang dinyatakan strategis secara prinsip adalah penelitian yang dapat menyelesaikan masalah masyarakat dan bangsa dalam segi: 1. pengentasan kemiskinan, 2. perubahan iklim, pelestarian lingkungan, keanekaan hayati (bio- diversity), 3. energi terbarukan, 4. ketahanan pangan, 5. gizi dan penyakit tropis, 6. mitigasi dan manajemen bencana, 7. integrasi bangsa, dan harmoni sosial, termasuk penelitian bidang kebudayaan, 8. otonomi daerah dan desentralisasi, 9. seni dan sastra dalam mendukung industri kreatif (creative industry), dan 10. infrastruktur, transportasi, dan industri pertahanan. 11. tema lainnya, yang relevan untuk menyelesaikan masalah masya- rakat dan bangsa.

PENGGUL (PENELITIAN UNGGULAN)

Penelitian Unggulan ini bertujuan untuk memfasilitasi dosen peneliti di lingkup UMKT untuk melakukan penelitian pengembangan yang sesuai dengan arah rencana strategis universitas. Selain itu, penelitian ini juga dituntut untuk dapat menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi. Ruang lingkup topik penelitian pada skim ini meliputi, bidang keilmuan keislaman, sosial, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Kegiatan yang dilakukan sesuai dengan bidang ilmu dan kapasitas pengusul dengan memperhatikan luaran penelitian.

KDM (KOLABORASI DOSEN DAN MAHASISWA)

Kegiatan penelitian KDM diharapkan dapat meraih dana penelitian dari Kementristek Dikti (Simlitabmas), seperti PDP, PDUPT, PPUPT, PTUPT dan INSINAS. Tema penelitian yang dinyatakan strategis secara prinsip adalah penelitian yang dapat menyelesaikan masalah masyarakat dan bangsa sesuai dengan road map penelitian Program Studi. Hibah penelitian KDM ini berbeda dari skim penelitian yang lain dalam dua hal, yaitu : (1) tema sesuai dengan keunggulan program studi, dan (2) penelitian lebih berorientasi pada kolaborasi dosen dan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. penelitian ini berupa hasil penelitian yang dipresentasikan dalam ujian akhir mahasiswa dan satu artikel ilmiah yang ditulis oleh dosen. Artikel oleh mahasiswa dipublikasikan dalam sebuah portal repositori milik UMKT atau pada jurnal nasional. Artikel oleh dosen dipublikasikan pada berbagai jurnal yaitu jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, atau jurnal internasional. Selain publikasi jurnal, dapat dihasilkan luaran tambahan berupa : (1) Artikel pada seminar nasional/internasional, (2) Satu bab buku ajar, atau (3) Draft proposal ke simlibtabmas.

SIMPEL - Sistem Informasi Manajemen PEneLitian UMKT